Info Sekolah
Thursday, 19 Sep 2024
  • Selamat Datang di Dayah SIDIQ, Leupung-Aceh Besar
24 January 2024

Santri Kelas XI dan XII Dayah SIDIQ Leupung, Aceh Besar, Bergairah Ikuti Program Amaliyah Tadris

Wednesday, 24 January 2024 Kategori : Blog / Kegiatan / Pendidikan

Seluruh santri kelas XI dan XII sangat antusias mengikuti agenda pembekalan amaliyah tadris di Masjid Dayah SIDIQ, Leupung, Aceh Besar. Rabu, (24/01/2024).

Amaliyah Tadris adalah program praktek mengajar bagi santri akhir yang merupakan salah satu kegiatan rutin tahunan Dayah SIDIQ. Tujuan dari program ini yaitu untuk mengasah keterampilan calon pendidik dalam mengajar.

Sehingga fungsi utama dari pelatihan ini tentu untuk meningkatkan kompetensi para calon pendidik agar bisa mengajar dan menjadi generasi pendidik – pendidik Aceh yang baik di kemudian hari. Kegiatan latihan mengajar ini dibimbing langsung oleh guru-guru yang ahli pada bidangnya. Praktek ini hampir sama dengan mikro teaching yang dilakukan oleh mahasiswa pada umumnya.

Sebelum mengajar, santri yang mengikuti Amaliyah Tadris akan dibekali pengetahuan tentang dunia pengajaran. Materi yang diberikan oleh Mudir Operasional Dayah SIDIQ Ust. Muslim SI, S.H.I. diantaranya adalah penjelasan orientasi kegiatan micro teaching, penjelasan tentang metodologi mengajar, karakter yang harus dimiliki oleh seorang guru pada umumnya, penjelasan tentang langkah-langkah mengajar dan penjelasan tentang pembuatan materi sebelum mengajar.

“Proses mengajar harus dilatih serta dipraktekkan oleh santri akhir Dayah SIDIQ. Kegiatan ini sangat penting guna untuk melatih mental santri dalam menyampaikan suatu materi kepada khalayak ramai. Dengan kegiatan ini diharapkan juga dapat melahirkan calon – calon guru yang berkarakter serta berwibawa pada masa yang akan datang. Ungkap Ustaz Muslim.

Kegiatan Amaliyah Tadris akan berlangsung selama 10 hari, dimulai pada (1/02/2024) s.d (10/02/2024). Semua santriwan maupun santriwati akhir berpartisipasi untuk menampilkan praktek mengajar mereka kepada adik-adik kelasnya.

Narasi | Arasha

No Comments

Tinggalkan Komentar

 

Temukan Kami

Alamat
Jl. Banda Aceh – Calang KM 21, GP Dayah Mamplam, Kecamatan Leupung, Kabupaten Aceh Besar, Aceh 23371

Jam Buka
Senin—Minggu: 09:00–17:00

Hubungi
081325069890 (Humas Dayah SIDIQ)